BAHASA APA INI..??

Blog Ini Menampilkan Laman Budaya Bahasa 'OGAN"
Bagi Anda Yg Kurang memahami Bahasa Yg Ditampilkan, Dapat mengikuti Tampilan Dalam Bahasa Indonesia
Di Blog Partner ( OUC_on blog) By; Shelly Agustina.
Atau Klik disini:

http://oucagustina.blogspot.com/

Jumat, 10 Februari 2012

OBYEK WISATA GOA PUTRI

OBYEK WISATA GOA PUTRI

Doc By; Potret OKU


Doc by; Potret Oku
 Baturaja dibelah oleh Sungai Ogan dengan tiga jembatan penghubung yang menghubungkan antara bagian Timur dan bagian Barat yaitu jembatan Ogan satu, Ogan dua dan Ogan tiga. Wisata Andalan ini terletak di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji Sebelum masuk Goa Putri dipinggir Sungai Ogan terlihat sebuah batu yang biasa disebut penduduk sebagai Batu Putri. Konon batu ini merupakan penjelmaan Putri Balian yang berubah menjadi batu akibat sumpah seorang sakti yaitu Si Pahit Lidah. Nah adanya legenda inilah yang menyebabkan gua ini dinamakan Gua Putri.



By Kismansya Yrf ( desember 2010 )


 tambahan : si pahit lidah mengucap sumpah kepada sang putri karena kesal sang putri tidak menyaut ketika dipanggil berulang kali karena ia sedang sibuk mencuci.
dinamakan goa putri karena goa yang dimaksud berada tidak jauh dari lokasi batu ini yang konon merupakan tempat tinggal sang putri.
menurut cerita ada seekor ikan besar sejenis ikan belut yang melilit batu yang merupakan penjelmaan dari ikat pinggang sang putri.
.

 







Goa Putri adalah tujuan wisata terkemuka di Provinsi Sumatera Selatan, terletak 230 kilometer dari Palembang, atau 35 kilometer dari Baturaja, ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Gua ini terletak sekitar satu kilometer dari jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Baturaja dan Muara Enim.
Gua ini penuh dengan stalaktit dan stalagmit. Stalaktit merupakan kalsium karbonat yang menggantung dan membeku di langit-langit gua dan dapat ditemukan di gua kapur. Stalagmit adalah batuan berbentuk kerucut es yang menghadap ke atas dapat ditemukan di lantai gua. Di Goa Putri, stalaktit dan stalagmit bertemu membentuk pilar yang unik. Gua ini juga memiliki kolam yang airnya berasal dari gua-gua yang airnya berasal dari Sungai Semuhun, yang bermuara di Sungai Ogan.


 Goa Putri, panjangnya lebih kurang 159 meter dan lebarnya antara 8 s/d 20 meter, tinggi maksimal 20 meter. Didalam gua banyak terdapat Stalagtit dan Stalagmit yang berusia ratusan tahun. Ditengah-tengah gua mengalir anak sungai yang bermuara di sungai Ogan. Obyek wisata ini dapat dicapai dari Baturaja dengan jarak tempuh sekitar 35km.
 




Berdampingan dengan Goa Putri terdapat Goa Harimau, tempat ditemukannya situs kerangka manusia yang berumur ± 3.000 tahun yang lalu oleh Pusat Penelitian dan pengembangan Arkeologi Nasional Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Goa ini terletak di desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji yang berjarak ± 500 meter dari Goa Putri. Dari hasil penelitian Tim Arkeologi, di Goa ini ditemukan dua kerangka manusia yang masih utuh dan beberapa kerangka yang tidak utuh lagi, serta serpihan-serpihan bebatuan yang diduga sebagai peralatan yang digunakan mereka. Selain itu pada dinding Goa Harimau terdapat beberapa gambar lukisan yang sampai sekarang masih diteliti.
Peta Kawasan Go Putri ( Support By Google 2012 )

Postingan serupa Klik di sini; Goa Putri In OUC_Halaman OUC_Halaman
http://www.facebook.com/OganUlu.Comunity.Halaman



2 komentar:

  1. Selamat malam kakang..numpang ngambik fhoto ini..kami hang dang bindu asli nak share ini di blogg kami di jakarta

    BalasHapus